GAYA BLUSUKAN MENCERDASKAN ala Abdul Ghoffar. SH

Cilegon (30/11) Setelah sekitar 3 hari, Abdul Ghoffar, SH melakukan "blusukan" dalam rangka reses dengan mengunjungi warga di Kecamatan Cilegon dan Cibeber , tidak hanya siang hari, malam hari pun tidak menyurutkan langkahnya untuk mengunjungi komplek yang satu ke komplek yang lain, bahkan hujan pun bukan menjadi penghalang baginya.

Beragam aktivitas yang disuguhkan oleh panitia reses dari DPC PKS Cilegon dan Cibeber dalam rangka menarik minat warga untuk hadir dalam acara ini mulai dari pemeriksaan kesehatan, senam dan beragam aktivitas lainnya.

Karena kegiatan reses ini sangat penting untuk menjalin komunikasi diantara warga dan anggota DPRD, dimana warga dengan segala keluhan dan harapannya bisa tersalurkan aspirasinya dalam kegiatan ini.

Dan beliau selaku DPRD menampung semua aspirasi warga untuk dimusyawarahkan di tingkatan berikutnya bersama-sama dengan Pemerintah Kota Cilegon sebagai pihak eksekutif yang akan menjalankan program itu.

Abdul Ghoffar, SH , Ketua Fraksi PKS Kota Cilegon menjelaskan bahwa mekanisme penyaluran aspirasi warga juga ada di sisi eksekutif, yaitu MUSRENBANG atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan. Kegiatan ini dilakukan mulai dari tingkatan kelurahan, kecamatan sampai kota.

Di tingkatan kelurahan biasanya Musrenbang melibatkan warga yang diwakili oleh RW dan tokoh masyarakat dalam musyawarah perencanaan pembangunan daerahnya.

Abdul Ghoffar mengajak aparatur dab tokoh warga untuk proaktif di Musrenbang sebagai sarana menyalurkan aspirasi warga.
"Apa-apa yang disampaikan dalam kegiatan Reses Anggota DPRD sekarang sampaikan juga di kegiatan Musrenbang" kata Abdul Ghoffar.

Dalam reses kali ini Abdul Ghoffar menerima banyak aspirasi dan masukan, diantaranya dari Warga Perumahan Bumi Cibeber Kencana yang menginginkan pasilitas umum yang ada dibuatkan semacam jogging track, sama halnya dengan warga PCI di blok D menginginkan adanya normalisasi dan penghijauan di sepanjang kali yang melintasi PCI.

Untuk permasalahan ini, Abdul Ghoffar menyarankan kepada warga untuk membuat detil teknisnya untuk disampaikan juga di kegiatan Musrenbang.
"Saya juga akan mengajak Aleg lain yang berasal dari Dapil ini untuk sama-sama memperjuangkannya dalam musyawarah tingkat kota dengan pihak Pemkot"
Kata Abdul Ghoffar

Selain permasalahan infrastruktur, permasalahan sosial juga mengemuka dalam reses kali ini. Seperti keluhan beberapa warga mengenai maraknya kemasiatan, kenakalan remaja dan pembangunan tempat hiburan yang tidak jelas.
Menanggapi permasalahan warga ini, Fraksi PKS akan memperjuangkan dengan merevisi terhadap Perda yang dinilai tidak efektif diantaranya Perda Ijin Mendirikan tempat hiburan dan Perda Diniyah dan Awaliyah. Juga Fraksi PKS akan memperjuangkan adanya pembinaan akhlak dan moral bagi pelajar-pelajar SMP dan SMU dengan melibatkan dinas terkait.

Untuk masalah ekonomi yaitu UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Abdul Ghoffar berharap adanya proaktif dari warga yang sedang merintis mengembangkan usaha untuk mendatangi Unit Pelaksana Teknis di Tingkatan Kecamatan.

Perda yang baru disankan kemarin ini sayang kalau tidak dimanfaatkan oleh warga
"Ini merupakan Perda murni inisiatif dari kami, dimana setiap warga yang memiliki usaha bisa mendapat dana bergulir tanpa anggunan mulai dari 3 juta sampai 30 juta"
Kata Abdul Ghoffar yang ikut memperjuangkan disahkannya perda ini.

Semoga dengan adanya kegiatan reses anggota DPRD ini bisa menjadikan sebuah Pembelajaran Politik bagi warga sehingga mengetahui fungsi peran dan kewenangan badan legislatif dan eksekutif.

Kegiatan reses ini diharapkan merubah paradigma negatif yang berkembang di masyarakat tentang anggota dewan, pikiran masyarakat yang berkembang kalau datang anggota dewan pasti mau bagi-bagi duit dan beragam proposal pun datang kepadanya.

Padahal fungsi sebenarnya dari Anggota Dewan itu adalah Legislasi, Budgeting dan Controling.
Dalam hal Legislasi anggota dewan memperjuangkan lahirnya perda yang bermanfaat bagi masyarakat, Budgeting yaitu bersama-sama Pemkot ikut dalam menentukan kebijakan anggaran daerah dan Controling, anggota Dewan ikut mengontrol ekseskutif dan memastikan perda-perda yang ada itu bisa berjalan dan anggaran yang ada bisa tepat sasaran.

Semoga Fraksi PKS Kota Cilegon bisa menjadi inisiator dan pelopor kebaikan dalam memperjuangkan aspirasi dan menjadi Pelayan Bagi Masyarakat seperti tergambar dalam spirit perjuangan PKS yang sekarang yaitu BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT.(IS)

Website Resmi DPD PKS Kota Cilegon. Diberdayakan oleh Blogger.