Barat Desak Israel Bebaskan Tahanan Palestina


RAMALLAH, PKSCILEGON.ORG -- Negara-negara barat mendesak Israel untuk membebaskan tahanan Palestina sebagai bagian dari upaya proses perdamaian di Timur Tengah, kata seorang pejabat Palestina kepada Xinhua, Selasa (9/4).

Sejumlah diplomat barat telah memberikan penjelasan kepada Presiden Palestina, Mahmud Abbas, terkait upaya untuk membangun kepercayaan itu, kata Ziad Abu Ein, Wakil Menteri Palestina Urusan Tahanan.

Namun, menurutnya Pemerintah Otonomi Nasional Palestina belum menerima pesan resmi apapun dari Israel tentang rencana pembebasan para tahanan tersebut, bahkan setelah rakyat Palestina meningkatkan protes sebagai bentuk solidaritas bagi sebagian tahanan Palestina yang mogok makan.

Ia pun menekankan bahwa Israel harus membebaskan beberapa tahanan sebagai "kewajiban prioritas" untuk memulai kembali perundingan perdamaian, demikian laporan Xinhua, Rabu pagi.

Menurut sejumlah sumber informasi , Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menyetujui untuk melepaskan 20 tahanan yang kondisi kesehatannya dalam kondisi kritis, serta ratusan tahanan lainnya yang masa hukumannya akan segera berakhir dalam waktu dekat.

Perundingan Israel-Palestina terhenti pada tahun 2010 setelah Israel menolak untuk memperpanjang pembekuan aktivitas pemukiman di Tepi Barat.

Sumber : Xinhua

Website Resmi DPD PKS Kota Cilegon. Diberdayakan oleh Blogger.