Pelatihan Media DPD PKS Cilegon

   
Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui (QS. Saba’:28).

Ahad, 19 Juni 2011 Tim Media DPD PKS Cilegon mengadakan acara Pelatihan Media di markas DPD. Acara dibuka oleh Abdul Ghofar selaku sekretaris DPD PKS Cilegon. Beliau menyampaikan tentang QS. Saba’ : 28 dan memberikan motivasi kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan media sebagai sarana untuk menyampaikan berita dan informasi kepada masyarakat.
Acara dilanjutkan dengan Materi tentang Jurnalistik yang disampaikan oleh Dede Kodrat. Mengawali materi ini peserta diminta untuk menulis apa saja bertema ‘cinta’ dalam waktu satu menit. Ternyata ada salah satu peserta yang berhasil menulis 50 kata tentang cinta dalam waktu satu menit. Keren ya…
Dengan simulasi ini ditekankan bahwa dalam menulis yang terpenting adalah tema. “Ga usah banyak mikir, kalau tema sudah ditentukan maka proses menulis akan bisa mengalir dengan mudah”. Tambah Dede yang saat ini tercatat sebagai salah satu anggota Tim DPW PKS Banten.
Kemudian disampaikan materi tentang Menulis untuk Media Cetak dan Online. Dijelaskan lebih lanjut tentang karakteristik media cetak dan media online, kriteria kelayakan suatu berita, jenis-jenis berita, karakter dan ragam bahasa jurnalistik sampai tahapan menulis berita. Acara semakin seru dengan adanya beberapa peserta yang mengajukan berbagai pertanyaan.
Materi ditutup dengan simulasi. Pembicara berperan sebagai narasumber yang sedang mengadakan konferensi pers dan seluruh peserta sebagai wartawan yang meliput berita. Usai konferensi pers peserta diberikan waktu tujuh menit untuk menuliskan berita. Kemudian beberapa peserta mempresentasikan berita yang ditulis. Junaidi menjadi peserta yang beruntung mendapat doorprize dari panitia karena dinilai pembicara memberikan berita yang paling bagus dan lengkap.
Acara dilanjutkan dengan materi kedua tentang Fotografi yang disampaikan oleh M. Sudus dari Tim Media DPD PKS Cilegon. Awal materi peserta diperkenalkan dengan komponen dari kamera sambil memperlihatkan kamera SLR yang dibawa.
Dalam foto ada yang namanya caption / keterangan pada foto. “Untuk memperoleh foto yang bagus maka ada yang disebut dengan metode EDFAT  yaitu metoda pemotretan untuk melatih cara pandang melihat sesuatu dengan detil yang tajam. EDFAT sendiri adalah singkatan dari Entire, Detail, Frame, Angle dan Time”. Demikian penjelasannya lebih lanjut.
Dalam presentasinya banyak diperlihatkan foto-foto yang menggunakan metode EDFAT mulai dari foto seni dan panggung, foto sports, dan single foto. Karena terbatasnya waktu maka untuk materi fotografi peserta belum bisa mengadakan praktek pengambilan foto.
Diyah Apriyani adalah peserta yang beruntung mendapatkan door prize dari panitia karena pertama kali bertanya di sesi ini dan sekaligus berbagi pengalaman kunjungannya ke salah satu pameran dan mempraktekkan teknik foto dengan kamera lubang jarum. Akhir sesi pembicara memberikan tips-tips memilih kamera dan berbagi teknik pengambilan foto bagi pemula.
Acara yang dimulai pukul 13.00 – 17.00 WIB dan diikuti oleh 21 peserta ini diakhiri dengan sosialisasi web DPD yang disampaikan oleh Eko Muchoyat selaku koordinator Tim Media. Dalam kesempatan ini peserta juga dihimbau agar menginformasikan kegiatan-kegiatan di DPC dan DPRa masing-masing kepada Tim Media untuk meramaikan web DPD PKS Cilegon. (-ivi-)
Website Resmi DPD PKS Kota Cilegon. Diberdayakan oleh Blogger.