Semangat Sumpah Pemuda !

Semangat Sumpah Pemuda !

DPR Dorong Bekraf Intensif Kerjasama dengan Pemerintah Daerah



Tegal (3/10) – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fikri Faqih mendorong agar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sebagai perwakilan pemerintah pusat, dapat lebih bekerjasama dengan daerah dalam mengembangkan ekonomi kreatif di masyarakat lokal.

Oleh karena itu, jelas Fikri, Bekraf perlu membuat peta potensi ekonomi kreatif daerah untuk dikelola dan dipromosikan ke beberapa daerah, hingga ke mancanegara.

"Dengan peta tersebut, kebutuhan tiap daerah untuk mendapatkan pelatihan, workshop, hingga akses permodalan dapat diketahui. Bekraf bisa menjadi katalisator bagi para pelaku ekonomi kreatif," jelas Fikri dalam FGD “Penguatan Ekonomi Kreatif di Daerah dalam Pengembangan Subsektor Perfilman”, Minggu (2/10).

Dalam acara yang diisi pula dengan penandatanganan MoU Pengembangan Ekonomi Kreatif antara Bekraf dengan Kabupaten Tegal ini, Fikri juga berharap agar Kabupaten Tegal dapat berperan penting dalam menjalankan program untuk menyokong ekonomi nasional, melalui 16 subsektor yang dimiliki olehnya.

Fikri menyadari bahwa pengembangan ekonomi masyarakat lokal tidak cukup hanya mengharap Sumber Daya Alam (SDA) saja, karena cadangan kekayaan alam akan terus berkurang tiap tahunnya.
"Berkaca dari negara lain, Inggris dan Korea Selatan misalnya, mereka tidak lagi mengandalkan SDA, tetapi dari ekonomi kreatif," jelas Legislator PKS dari Daerah Pemilihan IX yang meliputi Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Brebes ini.

Salah satu ekonomi kreatif di masyarakat Tegal yang dapat didukung oleh Bekraf adalah film, musik, kuliner, dan mode (fashion).

"Menurut saya, potensi film, musik, apalagi kuliner Indonesia tidak kalah dibandingkan negara lain. Bekraf bisa membantu akselerasi pengembangan produk dan  memperluas pasar," ujar Fikri. [pks.id]

Website Resmi DPD PKS Kota Cilegon. Diberdayakan oleh Blogger.