Berikut Penggalan Pidato Presiden PKS pada Munas ke 4


Syukur kepada Allah SWT dengan nikmat dan karuniaNya kita semua dapat berkumpul di acara munas ke 4 PKS. Semoga nikmat ini kita syukuri terus, sehingga terus bertambah. Amiin

Tema Munas adalah berkhidmat untuk rakyat. Sederhana tapi sangat relevan dengan kondisi sosial ekonomi kita saat ini. Kita mendapat musibah di beberapa musibah di Sumatra dan Kalimantan. Kita doakan juga jamaah haji. Semuanya menuntut kita untuk terus meningkatkan khidmat pada semua masyarakat yang kaya, miskin, dan semua agama. Logo Munas adalah padi, semakin tinggi semakin merunduk. Kita di PKS siap bersama elemen bangsa yang lain siap membangun Indonesia.

Pembangunan bukan hanya mencapai kemajuan materi tapi juga ada happiness index. Sesuai cita-cita PKS dan seluruh rakyat Indonesia yaitu baldatun thoyyibatun warabbun ghafur. Artinya negeri yang mencapai peradaban materi yang maju tapi juga memiliki capaian peradaban spiritual yang tinggi pula. Kita belajar dari negara-negara maju bagaimana mencapai peradaban materi.

Tapi kita lihat juga materi tanpa peradaban spriritual menghasilkan soulles solitaire tau lonely crowd. Sendirian di tengah keramaian, sendiria tanpa jiwa. Kita ingin melahirkan generasi yang paripurna yang memiliki semuanya.

Founding fathers kita mempunyai cita-cita yang sama sebagaimana dicantumkan di pembukaan UUD.  Calon Presiden Indonesia nggak perlu susah-susah cari visi. Paragraf ke 4 dari pembukaan UUD. Mencapai cita-cita tersebut tidak mudah.

Income percapita Indonesia tadinya $1200 sekarang meningkat ke $4000, meningkat tapi masih menengah ke bawah. Bila negara berada di posisi ini (di bawah $7000) terlalu lama, lebih dari 28 tahun maka negara ini menuju ke failed state negara gagal.

Kita tidak akan membahas penyebab, misalnya industri baik manufaktur maupun keuangan kita tidak melakukan pendalaman struktur seperti rentan terhadap faktor eksternal.
Kurang diversifikasi pasar ekspor, sehinga rentan terhadap guncangan. Kita masih berbasis pada SDA. Akibatnya sekarang daya beli masyarakat menurun dan kemiskinan meningkat. Miskin memang hanya 10%, tapi yang hampir miskin banyak sekali dan mreka menjadi miskin ketika krisis. Rasio GINI perbandingan antara kaya miskin cukup buruk, tertinggi di Asia Timur tahun 2000 0.33, sekarang 2015 0.42.

Kita optimis, tapi waspada bahwa tahun-tahun depan akan semakin berat. Kesadaran beragama dan berbangsa terus ditumbuhkan lewat khidmat masyarakat. Pemerintah perlu menyelamatkan ekonomi lemat melalui cash transfer, pembangunan infrastruktur dasar bagi masyarakat kecil dan pengembangan padat karya. Pemerintah perlu kebijakan jangka pendek yang memberikan signal yang credible untuk memperkuat rupiah dengan memperkuat anggaran daerah dan repatriasi valas. Perlu diversifikasi pasar ekspor baru termasuk pembiayaan eksporting yang belum tersentuh.

Triple crisis: food, energy and water. Peningkatan semakin meningkat, penyediaan menurun. karena climate change dan menurunnya persediaan. Kalau kita tidak sungguh-sungguh kita akan menghadapi situasi yang berbahaya.

Perlu sisi konsolidasi demokrasi kebebasan yang bertanggung jawab. Kebebasan yang sudah dinikmati sejak 1998, tapi sisi tanggung jawab belum sempurna. Bisa ditegakkan dalam 2 hal:
Kesadaran yuridis: kepatuhan hukum.
Kesadaran etis: mengukur tindak tanduk kita dengan kepatutan publik

Seluruh institusi demokrasi menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Hukum ditegakkan dengan adil dan tanpa diskriminasi. Politikus jangan mengintervensi hukum dan penegak hukum tidak bermain politik. Kalau tidak benar salah sulit dibedakan.

Kader PKS perlu merenungkan 3 hal:

1. Cita-cita kita baldatun ... tidak mungkin tercapai kalau kita sendiri belum bisa membereskan partai kita sendiri. Kita adalah partai dakwah. Kita juga punya visi kelembagaan yaitu partai dakwah yang berkhidmat kepada umat bangsa dan negara. Harus kita aktualisasikan baik di internal partai maupun di masyarakat. Kalau di partai belum bagaimana bisa menegakkan itu di daerah, wilayah maupun nasional. Kita jadikan partai yang kokoh dan siap berkontribusi berkhidmat pada masyarakat. Perlu kualitas prima setiap kader. Buka AD/ART pasal 2 ayat 2. Bersih peduli profesional. MS sudah menetapkan pileg 2012 kita memilki target di atas 10%. Kita berada di papan tengah di 3 pemilu. Kita ingin masuk ke papan atas.

2. Bangun kebersamaan dengan seluruh elemen masyarakat, siapa pun. Penyederhanaan parpol di Indonesia menjadi 5 tidak mungkin menurut Jimly. Kita sudah plural dan segmented, agregasinya menjadi sekitar 10 partai. Jadi kalau parpol hanya mampu meraih 20%, berarti dia harus bekerja sama

3. Visi kebangsaan kita yaitu pelopor cita-cita nasional yang tercantum di paragraf keempat di pembukaan UUD. Kita ingin mewujudkan masyarakat madani yang adil sejahtera dan bermartabat. Kita ingin jadi kontributor peradaban dunia.  PKS menginginkan Indonesia semakin aktif di percaturan regional dan internasional. PKS perlu menjalin kerjasama dengan parpol-parpol lain di negara lain untuk memainkan peran penting.
Website Resmi DPD PKS Kota Cilegon. Diberdayakan oleh Blogger.