Hasil Pemira PKS Diumumkan Akhir Januari 2014

Pengumuman hasil Pemilihan Raya (Pemira) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan dilakukan akhir Januari 2014 mendatang. Pemira sendiri adalah langkah demokrasi yang dilakukan PKS untuk menjaring calon presiden 2014 usungan partai dakwah tersebut.

"Majelis syuronya belum ada, karena majelis syuro yang memutuskan. Kira-kira akhir Januari (diumumkannya hasil Pemira)," tutur Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin kepada wartawan di salah satu rumah makan di Bandung, Kamis (26/12/2013).

Menurut dia, ada 22 nama yang ikut dalam Pemira tersebut. Mereka dipilih secara demokrasi oleh kader PKS di tingkat atas hingga tingkat bawah. Namun, ada tiga nama yang mencuat untuk menjadi capres usungan PKS yakni Hidayat Nur Wahid, Anis Matta, dan Ahmad Heryawan.

"Tapi nanti majelis syuro yang akan mengumumkan siapa hasilnya," tutur dia.

Menurut dia, tiga nama tersebut memiliki potensi menjadi capres 2014. Mereka mempunyai pertimbangan tersendiri. Namun, lanjut pria yang sering disebut ustad Hilmi tersebut menegaskan untuk menjadi pemimpin di PKS harus mempunyai beberapa kriteria.

"Seperti memiliki integritas/kredibilitas pribadi yang baik, kapabilitas, serta aksebilitas di masyarakat, lalu akses politik yang memungkingkan dia didukung parpol atau ormas lain dan terakhir memiliki akses sosial," tutur dia.

Menurut dia, akses sosial itu artinya calon pemimpin bisa berkomunikasi dengan akademisi, simbol, tokoh masyarakat, dan budayawan. Tak hanya itu, calon pemimpin juga harus mempunyai akses finansial.

"Kemungkinan ada pendukung pendanaan, itu untuk akses finansial," tutur dia.

Ke depan, aspirasi dari seluruh kader akan dilaporkan ke majelis syuro. Untuk urutannya sendiri, Hilmi mengaku sudah menyampaikannya.

Berdasarkan catatan, di Jabar, Ahmad Heryawan meraih suara tertinggi yakni 18,72 persen dibanding calon-calon lainnya. Sementara posisi kedua ditempati M Hidayat Nur Wahid (18,57 persen), ketiga M Anis Matta (17,02 persen), keempat Tifatul Sembiring (10,7 persen) dan urutan ke lima ditempati Nur Mahmudi Ismail (6,84 persen), dan pasangan lain-lainnya sebanyak 28,14 persen.

http://www.inilahkoran.com/read/detail/2059535/hasil-pemira-pks-diumumkan-akhir-januari-2014

Website Resmi DPD PKS Kota Cilegon. Diberdayakan oleh Blogger.