Semangat Sumpah Pemuda !

Semangat Sumpah Pemuda !

Cerita Tentang Perjalanan #15TahunPKS | By @malakmalakmal



01. Menyambut #15TahunPKS, saya ingin ikut berkontribusi. Sekedar sumbang cerita.
02. Saya bukan Qiyadah, karena itu, saya tidak ikut Rapimnas ke Semarang. Jadi, nge-tweet aja deh :) #15TahunPKS

    03. Di PKS, sy bukan siapa2. Anehnya, kalau ada apa2 soal PKS, ada aja yg nanya ke saya. #15TahunPKS

    04. Ini bukan kasus saya saja. Diam2, banyak sekali kader PKS yg mengalami hal yg sama. #15TahunPKS

    05. Mereka, seperti saya, cuma kader biasa. Tapi kalau ada berita soal PKS, di mana2 responnya luar biasa. #15TahunPKS

    06. Banyak yg bukan kader PKS tapi kalau bicara soal PKS heboh sekali. Lebih heboh drpd kader2 PKS. #15TahunPKS

    07. Sekilas, mereka kelihatan banyak tahu drpd kader2 PKS. Lucu juga sih :) #15TahunPKS

    08. Ketika ada isu “faksi keadilan” dan “faksi sejahtera”, siapa yg heboh? Kader, gitu? #15TahunPKS

    09. Paling maksimal, kader PKS hanya keheranan. Dari mana datangnya isu faksi macam2 begitu? #15TahunPKS

    10. Ada jg slogan yg sering diulang2: “PKS sudah ditinggalkan kader2 aslinya!” #15TahunPKS

    11. Siapa yg heboh mendengar berita seperti ini? Kader? Ciyus? Enelan? :p #15TahunPKS

    12. Tapi bohong jg kalau saya, anak bawang di gerbong dakwah ini, mengaku tdk pernah gamang. #15TahunPKS

    13. Saya pun, seperti anak2 bawang lainnya, pernah gamang mendengar dan membaca berita2 soal PKS. #15TahunPKS

    14. PKS ditinggalkan kader2 aslinya! Bukan main bombastisnya berita ini! Tapi apa benar? #15TahunPKS

    15. Sampai akhirnya sy hadir ke acara Milad PKS (tahun berapa? Lupa). Ternyata, kader2 lama masih aktif aja tuh. #15TahunPKS

    16. Kader2 meninggalkan PKS? Ada, tapi kata siapa banyak? Banyak itu brp persen? Berapa banyak, sih? #15TahunPKS

    17. Saya pun mengenal bbrp org yg benar2 pernah jadi kader PKS dan skrg telah keluar. #15TahunPKS

    18. Alhamdulillaah, setelah mengenal mereka, saya makin yakin utk tetap berada di PKS. #15TahunPKS

    19. Hal lain yg menarik adalah betapa banyak org salah sangka mengenai kader2 PKS, terutama ttg cara kami memandang PKS. #15TahunPKS

    20. Banyak org berpikir bhw bagi kami PKS adalah segala2nya. Seolah2 tiap hari, tiap jam mikirin PKS. #15TahunPKS

    21. Malah saya heran, karena yg benci banget sm PKS itulah yg lebih banyak mikirin PKS. #15TahunPKS

    22. Tidak, isi kepala kami bukan PKS melulu. Allah dan Rasul-Nya, Islam, dakwah, tarbiyah, itulah yg menyita pikiran kami. #15TahunPKS

    23. Percaya atau tidak, baru beberapa tahun terakhir saja saya punya atribut PKS. #15TahunPKS

    24. Tahun lalu akhirnya saya punya baju PKS berwarna putih. Sengaja beli spy sesuai dgn dress code Milad di GBK. #15TahunPKS

    25. Punya atribut PKS memang nggak penting2 amat. Toh, di mata sebagian org, tetap saja saya identik dgn PKS. #15TahunPKS
      
    26. Kampanye? Walah, saya males banget ikutan yg beginian. (Mudah2an nggak di-iqob!) :D #15TahunPKS
      
    27. Kalau ada kampanye, biasanya diawali dgn taujih. Nah saya datang utk dengerin yg satu itu! #15TahunPKS
      
    28. Atau, bbrp tahun terakhir ini, biasanya ada senam. Ini juga asyik utk diikuti. Bikin sehat. #15TahunPKS
      
    29. Kampanye keliling kota? Hmmmm belum pernah tuh... (ampuuun saya kader yg bandel!) #15TahunPKS
      
    30. Makanya saya heran kalau org berpikir bhw kader2 PKS selalu mikirin PKS. Islam lbh luas drpd PKS, bro! #15TahunPKS
      
    31. Itulah sebabnya sampai skrg sy temukan ada saja org yg terkaget2 dgn eksistensi kader2 PKS. #15TahunPKS
      
    32. Misalnya, kaget begitu mengetahui bahwa bosnya di kantor adalah kader PKS. #15TahunPKS
      
    33. Ada jg yg kaget ketika mengetahui bahwa tukang mie ayam langganannya ternyata kader PKS. Pengurus DPC pula! #15TahunPKS
      
    34. Ngomong2, mantan supir antar jemput langganan saya waktu TK skrg jadi sesepuh PKS di daerahnya juga. #15TahunPKS
      
    35. Di PKS ada pengusaha, programmer, dosen, tukang sayur, montir, kartunis dsb. Mantan preman jg ada! #15TahunPKS
      
    36. Mereka jarang pakai atribut PKS atau bahkan hampir tak pernah bicarakan PKS. #15TahunPKS
      
    37. Ada temen kuliah yg bilang, “Kalo ada mahasiswa cakep dan alim dikit aja, gak jauh2 deh dari PKS!” #15TahunPKS
      
    38. Dia termasuk yg gak nyadar kalo saya jg kader PKS. Pdhal saya kan sesuai bgt dgn deskripsi tadi. #abaikan :p #15TahunPKS
      
    39. Tdk semua kader PKS itu sibuk di PKS. Banyak yg kesibukannya di luar PKS. #15TahunPKS
      
    40. Mereka yg menonjol di bidangnya masing2 biasanya dibiarkan aktif di luar partai. Sbb mmg di situ lahan dakwahnya. #15TahunPKS
      
    41. Salah satu karakter penting dan kunci sukses PKS adalah jati dirinya sbg partai kader. #15TahunPKS
      
    42. Setiap kader, tanpa kecuali, harus mengikuti program tarbiyah. Ada alurnya, ada kurikulumnya. #15TahunPKS
      
    43. Nggak ada ceritanya orang baru masuk PKS tau2 udah jadi anggota Majelis Syuro, misalnya. #15TahunPKS

     44. Makanya, kalo ada yg nyinyir menuduh kader2 PKS ingin kejar jabatan, ya kita nyengir aja deh. #15TahunPKS
      
    45. Mau jadi Ketua DPC? Boleh. Udah apal brp juz? Mau jadi Presiden PKS? Boleh juga. Udah apal brp juz? :D #15TahunPKS
      
    46. Hapalan mentok di Juz 30? Hmmmmm waiting list deh ya, 1.000 taun lagi! wkwkwkwk #15TahunPKS
      
    47. Di PKS, mengajukan diri tdk dibudayakan, bahkan tdk diperbolehkan. #15TahunPKS
      
    48. Kalau ada yg ajukan diri jadi Presiden partai, insya Allah dia takkan jadi presiden selama2nya. #15TahunPKS
      
    49. Soal menolak jabatan, kader2 PKS paling jago. Ini partai paling nggak jelas, emang. LOL #15TahunPKS
      
    50. Syahdan, ada seorang ustadz yg ditunjuk utk jadi caleg. #15TahunPKS
      
    51. Panik, beliau langsung melancarkan lobi2 maut supaya penunjukannya dibatalkan. Supaya dibatalkan, lho! #15TahunPKS
      
    52. Lobi2 gagal, mental semua. Alasannya: kalau 1 org boleh mundur tanpa alasan syar’i, ntar semua pengen ikutan. #15TahunPKS
      
    53. Alhasil, keluarlah jurus terakhir. Infaq! #15TahunPKS
      
    54. Yak, beliau berjanji akan infaq dlm jumlah besar. Syaratnya, dia gak disuruh jadi caleg! #15TahunPKS
      
    55. Gmn akhir ceritanya? Hehe rahasia ah... Yg jelas, keanehan2 macam begini memang ada aja di PKS. #15TahunPKS
      
    56. Kaderisasi di PKS mmg gak sembarangan. Yg pasti, semua kader wajib ngaji. Minimal sekali sepekan. #15TahunPKS
      
    57. Kenapa? Ya, supaya kondisi ruhiyyahnya di-charge terus. Kalau jiwanya hidup, yg lain ngikut. #15TahunPKS
      
    58. Pengajiannya sekali sepekan, tapi tarbiyah dirinya setiap hari. Ini justru yg paling penting. #15TahunPKS
      
    59. Waktu sy baru mulai ngaji, sempat keheranan juga. Ibadah aja kok sistematis banget. #15TahunPKS
      
    60. Biasanya, shalat2 sunnah itu ya tergantung selera aja. Tp di PKS, semua dilatih. #15TahunPKS
      
    61. Kalo bisa dibikin sistematis, kenapa nggak? Tilawah, shalat dhuha, qiyamul lail, shaum sunnah, semua terencana. #15TahunPKS
      
    62. Gmn kalo latihannya nggak niat, sehingga gak ada progres? Ya gpp sih, tp gak bakal maju2 kalo gitu. #15TahunPKS
      
    63. Semakin besar amanah, semakin kencang fitnahnya. Maka, pegangannya harus makin kuat. #15TahunPKS
      
    64. Setelah dpt amanah besar malah gak ada waktu utk ibadah harian? Yg kayak gitu bisa ‘ditarik’ kapan aja... #15TahunPKS
      
    65. Almarhumah Bu Yoyoh Yusroh, ibu dari 13 org anak merangkap anggota DPR, tilawahnya 3 juz sehari. #15TahunPKS
      
    66. Kenapa? Ya, tilawah 1 juz sehari itu standar kader biasa, bro... #15TahunPKS
      
    67. Bukan beliau aja. Banyak ustadz/ah lain yg ibadah hariannya tdk kalah ‘mengerikan’. Tp tak usahlah disebut2. #15TahunPKS
      
    68. Utk bbrp fungsi spt anggota DPR, memang ada pengecualian. Bs saja org mjd aleg FPKS dr ‘jalur profesional’. #15TahunPKS
      
    69. Artinya, ia direkrut karena keahliannya, meski tdk ada background ‘ngaji’. #15TahunPKS
      
    70. Kok bisa? Ya, soalnya di PKS, aleg itu bukan ‘raja2 kecil’. Mrk adalah pion2 partai. #15TahunPKS
      
    71. Tugas mrk adalah menjalankan amanah dr partai. Tdk amanah? Tegur! Ngeyel? Pecat! Beresss.... #15TahunPKS
      
    72. Itulah mungkin salah satu sebabnya mengapa di PKS jarang ada konflik internal. #15TahunPKS
      
    73. Sebab, seluruh fungsionaris partai adalah pelaksana amanah dari partai. Tdk boleh membawa kepentingan pribadi. #15TahunPKS
      
    74. Beda pendapat itu biasa, tapi diselesaikan di syuro. Selepas syuro, tdk ada pendapat selain pendapat syuro. #15TahunPKS
      
    75. Ada evaluasi atau otokritik? No problem. Dibahas lagi di syuro. Nggak ada yg ngomong “Gw bilang jg apa....!?” #15TahunPKS
      
    76. Kader2 PKS, karena mmg hidupnya bukan hanya di PKS, mencari nafkah pun tidak di PKS. #15TahunPKS
      
    77. Meski ada yg secara profesional digaji oleh partai, tapi penghasilan utamanya bkn di situ. #15TahunPKS
      
    78. Partai adalah sarana dakwah, bukan sarana memperkaya diri. #15TahunPKS
      
    79. Kalau PKS gelar aksi munashoroh Palestina di sekitar Bundaran HI, misalnya, berangkat dgn dana sendiri2. #15TahunPKS
      
    80. Ada sih yg nyewa bis dgn ongkos dr partai. Ada jg yg makan siangnya dikoordinir. Tp nerima amplop sih nggak deh... #15TahunPKS
      
    81. Udah capek2 ke lokasi, berpanas2, teriak2, eh disuruh infaq pula! Itu sih biasa di PKS... #15TahunPKS
      
    82. Biarpun kondisi kadernya macem2, gak saling iri. Yg miskin gak dengki sama yg makmur. #15TahunPKS
      
    83. Makanya, waktu ada omongan “kasihan kader2 yg miskin melihat qiyadah yg kaya2”, sy bingung. Kader yg mana? #15TahunPKS
      
    84. Kader mana yg suka ngiri dgn kemakmuran saudaranya? Kader yg sering bolos ngaji kali yee... #15TahunPKS
      
    85. Padahal, semua org sudah tau bhw makin banyak sedekah, makin lancar rejekinya. #15TahunPKS
      
    86. Jadi, kalau ustadz2 pada makmur, ya gak usah curiga. Infaqnya jg gede2. Wajar rejekinya lancar. #15TahunPKS
      
    87. Ust. Lani, tokoh senior di PKS, jg pernah bilang begitu. Biasanya, yg makmur2 itu ya yg infaqnya gede2. Gak usah ngiri. #15TahunPKS
      
    88. Apa ada buktinya? Ah, ntar kalo disodorin bukti dan saksinya, malah dituduh riya’ lagi... Gak usahlah... :D #15TahunPKS
      
    89. Di PKS, tradisinya ‘jemput bola’, bukan menunggu. Semua kader harus proaktif. #15TahunPKS
      
    90. Jd jgn heran, ketika PKS ‘disentil’, Presiden PKS langsung berorasi. Mesin partai segera bekerja. #15TahunPKS
      
    91. Biarpun partai kecil, tp semua proaktif. Gak perlu instruksi. Semua bekerja dgn caranya masing2. #15TahunPKS
      
    92. Kader2 PKS dari Sabang sampai Merauke, di dlm dan di luar negeri, semuanya bekerja. #15TahunPKS
      
    93. Tak terasa, sudah #15TahunPKS. Rasanya baru kemarin berdiri. Waktu itu saya masih SMA.
      
    94. Masih bejibun PR yg belum tuntas. Tantangan dari hari ke hari makin berat. Ini sunnatullaah utk gerakan dakwah. #15TahunPKS
      
    95. PKS masih banyak kekurangan. Kader2 PKS paling tahu soal ini. #15TahunPKS
      
    96. Kader2 PKS tumbuh dewasa bersama jama’ahnya. Tidak ada yg tiba2. #15TahunPKS
      
    97. PKS seperti anak macan yg baru lahir ‘kemarin’. Perlahan2, taring dan kukunya tumbuh. #15TahunPKS
      
    98. Tp gak usah takut, krn macan yg satu ini punya slogan yg sangat simpatik: Cinta, Kerja dan Harmoni :) #15TahunPKS
      
    99. Saya bangga berada di barisan dakwah ini, meski saya bukan siapa2. Allaahu akbar!!! #15TahunPKS


* https://twitter.com/malakmalakmal
Website Resmi DPD PKS Kota Cilegon. Diberdayakan oleh Blogger.