Semangat Sumpah Pemuda !

Semangat Sumpah Pemuda !

Peringati Tahun Baru Islam : Bidpuan Gelar Acara Berbagi Bersama Anak Yatim dan Seminar



Cilegon: Hari Ahad 04 Desember 2011, bertempat di sekretariat DPD PKS kota cilegon, bidang Perempuan PKS Cilegon gelar acara berbagi bersama anak yatim dan seminar “parent education” bagi warga sekitar Ketileng, kecamatan Cilegon. Fenomena pendidikan formal, baik sekolah ataupun lembaga kursus yang semakin marak di kota Cilegon menurut Ketua Bidang Perempuan PKS, Nurotul Uyun dirasa tak cukup membekali anak untuk menghadapi tantangan masa depan. Peranan orang tua dan lebih khusus ibu sebagai madrasah bagi keluarga menjadi teramat penting. Akan tetapi yang terjadi pada masyarakat saat ini justru sebaliknya, mereka memberikan kepercayaan sepenuhnya pendidikan anak  kepada lembaga pendidikan ataupun sekolah.
                “Pendidikan anak tidak bisa disederhanakan dengan menyekolahkan anak di sekolah favorit atau dikursuskan dengan beragam ketrampilan. Jika pendidikan diserahkan sepenuhnya kepada lembaga pendidikan dengan mengesampingkan peranan ibu di dalam keluarga, maka pendidikan akan setengah hati,” jelas Uyun yang juga praktisi pendidikan.
                Perlu adanya keselarasan antara pendidikan di sekolah dan pendidikan karakter di lingkungan keluarga. Sehingga anak berkembang dengan prestasi dan memiliki karakter yang kuat. Yang menjadi kekhawatiran bahwa peranan orang tua tidak maksimal sehingga nilai-nilai ajaran apa yang telah disampaikan di sekolah bertolak belakang dengan kondisi riil lingkungan keluarga dan masyarakat. Ini akan mengakibatkan pendidikan hanya setengah hati. Apalagi jika anak sedang tumbuh pada usia keemasan.
                Oleh sebab itu Bidang Perempuan PKS merasa perlu menyelenggarakan pembekalan kepada para ibu sehingga konsep ibu sebagai madrasah keluarga terwujud. Momen tahun baru hijriyah menjadi tema utama. Kegiatan ini berlangsung sederhana diikuti puluhan ibu-ibu dari lingkungan ketileng dengan mengikutsertakan  anak-anak mereka. Peserta cukup antusias menyimak apa yang disampaikan pemateri. Jumaenah, salah seorang peserta ‘parent education’ merasa senang dan berterimakasih dengan diselenggarakannya kegiatan ini. Dirinya mengaku kegiatan semacam ini sungguh bermanfaat bagi bekal orang tua.
                “Kegiatan serupa juga akan diselenggarakan Bidang Perempuan PKS Cilegon di tiap kecamatan di kota Cilegon dengan melibatkan struktur di cabang dan ranting,” tambah Uyun.
                Sementara itu ketua DPD PKS Cilegon, M Asro yang juga hadir dan membuka kegiatan tersebut berharap dengan pembekalan bagi orang tua kelak akan tumbuh generasi-generasi pemimpin yang berkarakter dan sanggup menghadapi tantangan masa depan. Acara yang dimulai pagi hingga siang hari ini ditutup dengan pembagian bingkisan kepada tiap peserta.
Website Resmi DPD PKS Kota Cilegon. Diberdayakan oleh Blogger.