Semangat Sumpah Pemuda !

Semangat Sumpah Pemuda !

Tutty Alawiyah Menjadi Pelopor Pemberdayaan Majelis Taklim Perempuan


Ketua BPKK DPP PKS Wirianingsih
Jakarta - Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPP PKS Wirianingsih mengenang almarhumah Tutty Alawiyah sebagai tokoh pelopor pemberdayaan Majelis Taklim kaum perempuan, terutama kaum ibu.

"Beliau identik dengan Majelis Taklim. Pendiri Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) ini telah memberikan inspirasi pendidikan informal kaum perempuan yang terserak di Majelis Taklim. Dirinya memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pengetahuan dan keagamaan ibu-ibu," ungkap Wirianingsih di Lampung, Rabu (4/5/2016).

Menurutnya, Majelis Taklim yang identik dengan cerminan aktivitas almarhumah memiliki peranan strategis dalam meningkatkan kualitas pengetahuan dan keagamaan ibu-ibu sebagai sarana pembelajaran.

"Majelis Taklim bisa dijadikan sebagai sarana pendidikan kaum perempuan agar dapat berperan lebih baik dalam keluarga yang pada gilirannya memberikan kontribusi pada bangsa dan negara.
Majelis taklim kaum ibu seringkali tidak diperhatikan," tuturnya.

Dirinya juga menuturkan teringat dengan pengalamannya bersama almarhumah pada tahun 80-an, ketika ibu Tutty menjelaskan pentingnya Majelis Taklim dalam sebuah kajian di Majelis Taklim Al-Barkah (perguruan "Asy-Syafi'iyah) yang sedang dirinntis oleh almarhumah.

"Beliau membacakan peran penting majlis ta'lim dan menjelaskan buku panduannya. Kelak ini menjadi embrio BKMT.
Karena kiprahnya ini , beliau dikenal hingga mancanegara," ungkapnya.

Ibu yang akrab disapa Wiwik ini juga menilai, Tutty Alawiyah adalah sosok perempuan yang sangat mengapresiasi muslimah yang berkancah di mancanegara.

"Saya pernah melakukan perjalanan dakwah bersama ke Turki. Beliau sangat senang melihat munculnya generasi baru muslimah yang bisa memainkan peran penting. Kesan saya, beliau sangat apresiatif jika ada muslimah Indonesia yang memiliki pengalaman dakwah di mancanegara," ujarnya.

Wirianingsih berharap, semoga kepandaian memainkan peran sebagai pendakwah yang diterima oleh semua kalangan, kelak lahir di Indonesia agar bisa memberi warna yang lebih baik bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

sumber: pks.id
Website Resmi DPD PKS Kota Cilegon. Diberdayakan oleh Blogger.