Semangat Sumpah Pemuda !

Semangat Sumpah Pemuda !

NASEHAT; ORANG TUA ADALAH PEMIMPIN BAGI ANAK



ORANG tua memiliki kedudukan tertinggi dalam suatu keluarga. Keberadaan mereka bagaikan pemimpin dan wakil pemimpinnya. Dan rumah itu bagaikan suatu negara tertentu. Dan rakyatnya ialah anak-anaknya. Maka, disitulah orang tua beperan sebagai pemimpin.

Hal ini serupa dengan apa yang dikatakan oleh Abu Hatim RA, “Pemimpinnya anak adalah orang tuanya,” (Hal. 212).

Maka, dalam hal ini orang tua berperan penting memenuhi hak-hak anaknya. Orang tua juga harus mampu memimpin mereka pada arah kebaikan dan kebenaran, yakni jalan yang diridhoi oleh Allah SWT. Maka, memanglah tidak mudah menjadi orang tua itu. Sebab, kepemimpinannya harus mereka pertanggung jawabkan di akhirat kelak.
Laporkan iklan?

Abu Hatim RA berkata, “Setiap pemimpin manusia akan ditanya tentang yang dipimpinnya,” (Hal. 212).

Itulah sebabnya orang tua harus mampu menjalankan amanat ini dengan baik. Anak itu ujian bagi Anda. Dan Anda dilatih menjadi seorang pemimpin dalam mengurus, menjaga, merawat serta membimbing anak-anak Anda. Yang terpenting ialah Anda jangan pernah melupakan hak-hak mereka. Dan pemimpin yang baik harus mampu berlaku bijak dan adil terhadap satu sama lain. Jangan pernah membeda-bedakan anak yang satu dengan yang lainnya. Sebab, mereka pasti memiliki perbedaan, dan itu adalah bagian dari anugerah yang telah Allah berikan kepada kita. Wallahu ‘alam. []

Referensi: Ensiklopedi 1000 Nasihat Para Ulama/Karya: Mubasysyiroh Binti Mahrus Ali/Penerbit: Zam Zam Mata Air Ilmu
Website Resmi DPD PKS Kota Cilegon. Diberdayakan oleh Blogger.