SMKN 1 Cilegon Rakit Mobil, Tarbiyah Anak PKS Rakit “Roket”



Beberapa pekan ini SMK Negeri 1 Cilegon heboh dengan berita perakitan mobil. Putra Cilegon boleh berbangga karena  telah mampu merakit mobil berkapasitas mesin 1.800 cc. Meskipun masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan kreativitas siswa semacam ini patut untuk diapresiasi.

Tak kalah dengan SMK N 1 Cilegon, Siswa-siswi Tarbiyah Anak Kader juga menunjukkan kemampuan mereka dalam berkreatifitas (21/4/2013). Dipandu dengan instruktur mereka belajar merakit sebuah roket. Tapi tak perlu khawatir roket yang satu ini tidak membahayakan karena berbahan bakar air.

 

Roket air adalah salah satu jenis roket yang menggunakan air sebagai bahan bakarnya. Air dipaksa keluar oleh udara yang bertekanan, biasanya udara yang telah terkompresi. Sebagian botol diisi dengan air dan disegel. Botol kemudian bertekanan dengan gas, biasanya udara dikompresi dari sebuah Pompa sepeda, Kompresor udara, atau silinder sampai dengan 125 psi, tapi kadang-kadang CO 2 atau nitrogen dari sebuah silinder. Dan Akhirnya, botol bergerak menjauh dari air karena mengikuti hukum Newton Ketiga.

Kegiatan membuat roket ini merupakan salah satu dari sekian banyak aktivitas yang diselenggarakan oleh tarbiyah anak kader yang dikelola oleh DPD PKS Cilegon. Selain pembentukan karakter, penanaman ilmu agama, siswa tarbiyah kader juga dibekali dengan pengetahuan ilmiah semacam ini. Deni Sahmaulana, instruktur dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa siswa tiap dua pekan sekali diperkenalkan ilmu baru dengan cara yang unik sehingga tidak jenuh. (tim)
Website Resmi DPD PKS Kota Cilegon. Diberdayakan oleh Blogger.